Rabu, 24 September 2014

Yuk Kenal Lebih Jauh Tentang Open Office

Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang Open Office yuk simak dari awal :)

Open Office.Org sering dikenal dengan Open Office yang merupakan aplikasi perkantoran yang sering digunakan untuk membuat berbagai keperluan perkantoran seperti word processor, spreadsheet, presentasi, dan lain-lain. Begitu lengkapnya hingga disejajarkan dengan aplikasi perkantoran lainnya yang sangat dikenal di lingkungan Windows yaitu Microsoft Office. Pada dasarnya aplikasi yang terdapat dalam Open Office ini mirip dengan aplikasi Office lain yaitu Star Office. Perbedaannya pada aplikasi Star Office versi 6, lisensinya tidak free lagi. Sedangkan aplikasi Open Office masih merupakan Open Source. Jadi dapat dikatakan Open Office ini merupakan versi gratis dari Star Office yang sama-sama produk buatan Sun Microsystem.

Open Office memiliki kompabilitas yang baik dengan aplikasi perkantoran lain, terutama Microsoft Office. Untuk pengolah kata atau word processor seperti Microsoft Word, Open Office memiliki Open Office Writer. Selain itu untuk mengolah spreadsheet di Open Office memiliki Open Office Calc seperti halnya Microsoft Excel. Sedangkan aplikasi untuk membuat berupa file presentasi, Open Office memiliki Open Office Impress yang mampu membaca format file ppt yang berasal dari Microsoft Powerpoint. Lebih dari semua aplikasi itu, Open Office juga memiliki aplikasi Drawing untuk menggambar, dan HTML Document untuk membuat file dokumen HTML atau webpage. Ditambah dengan aplikasi formula untuk membuat berbagai rumus matematika serta fasilitas untuk membuat label, business card, dan lain-lain.

Open Office Writer
           Pertama Open Office Writer, Open Office Writer adalah suatu aplikasi pengolah kata (word processor) yang memiliki lisensi publik atau gratis dan dikembangkan secara open source. Menulis menggunakan OpenOffice Writer mirip dengan aplikasi word processing lainnya yang pernah digunakan atau yang sudah ada sebelumnya. Word processor adalah seperti teks editor tetapi memiliki beberapa fasilitas tampilan tambahan yang digunakan untuk format, desain dan cetak dokumen tanpa perlu menghafal kode¬kode tertentu

          Open Office Writer adalah word processor yang baik dan memiliki tampilan format WYSIWYG (What You See Is What You Get). Apa yang kita lihat di OpenOffice Writer itulah yang kita dapatkan jika mencetak dokumen. Tampilan yang dimiliki OpenOffice Writer tidak jauh berbeda dengan aplikasi Word Processor yang dimiliki Microsoft Word. Interface utama atau lembar kerja adalah area untuk mengedit dokumen (ruang putih di tengah window). Di bagian window terdapat bermacam¬-macam fungsi yang dikumpulkan ke toolbars dan dengan menu¬-menu tersebut kita dapat menentukan format huruf, paragraph, ukuran kertas, perataan (text alignment) dan masih banyak lagi.

Open Office Calc / Spreadsheet
           Kedua Open Office Calc, Open Office Calc atau yang bisa disebut dengan sebutan Spreadsheet adaah salah satu aplikasi perkantoran yang digunakan untuk melakukan pengolahan data berupa angka-angka untuk menjadi satu informasi berupa hasil pengolahan tersebut. Fungsi dari Spreadsheet ini hampir sama dengan aplikasi spreadsheet yang sudah ada lebih dahulu terkenal yaitu Microsoft Office Excel. Semua fungsi, cara melakukan pembuatan tabel bdan formula perhitungan sama persis dengan Excel. Jadi bagi yang sudah mengenal dan menguasai program Excel tidak akan masalah apabila ingin migrasi ke Open Office.org Calc / Spreadsheet. Keuntungan dari aplikasi ini adalah dimana lisensi yang diberikan adalah Free karena termasuk GPL (General Public Lisense). Dan kita bisa menjadi salah satu pihak yang mengenalkan aplikasi ini atau ikut dalam project yang dikembangkan situs Open Office.org dengan cara meregisterkan Open Office.org kita ke situs mereka.

              Open Office Calc adalah software spreadsheets yang memungkinkan untuk melakukan input dan manipulasi sel data (data cells) yang terorganisasai dalam baris dan kolom, membuat daftar memelihara record, dan menganalisa data. Sebuah sel adalah pengisi bagian individu dari data, seperti kuantitas, tabel, atau formula matematika. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, Sheet 1, Sheet 2, Sheet 3, dengan minimal Sheet dan dapat menambah atau mengurangi sheet yang terdiri dari 256 kolom, yaitu kolom A sampai dengan kolom IV dan terdiri dari 32.000 baris.

Open Office Impress/Persentasion
             Ketiga Open Office Impress, Open Office Impress merupakan salah satu aplikasi dari Open Office , merupakan salah satu paket yang terdapat dalam Open Office suite yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi dan dokumen HTML. Misalnya presentasi rencana proyek, produk, strategi marketing, akademis dan lain sebagainya. Jika kita membandingkan dengan produk Microsoft Office, Open Office Impress lebih kurang sama fungsinya dengan Microsoft Power Point.

Open Office Base
              BASE adalah sistem manajemen basis data berbasis desktop yang lengkap, didesain untuk memenuhi kebutuhan yang luas dari pengguna, mulai dari :
·    melacak koleksi CD pribadi Anda, hingga
·    menghasilkan laporan penjualan bulanan
          BASE menawarkan panduan untuk membantu pengguna yang baru terhadap desain basis data (atau baru terhadap BASE) untuk membuat Tabel, Query, Form, dan Report, bersama dengan sekumpulan definisi tabel yang sudah didefinisikan untuk melacak Asset, Konsumen, Penjualan, Invoice, dan banyak lagi.
             Ketika Anda hanya memerlukan basis data personal, BASE menawarkan mesin basis data relasional HSQL, dikonfigurasi untuk pengguna tunggal, dengan data tersimpan pada dokumen BASE, beserta dengan dukungan native untuk dokumen dBase.
            Untuk kebutuhan yang lebih besar, BASE mendukung berbagai basis data yang populer secara native: MySQL, Adabas D, Microsoft Access, dan PostgreSQL. Sebagai tambahan, dukungan untuk driver standar JDBC dan ODBC juga mengijinkan Anda untuk terhubung secara virtual pada sembarang basis data yang ada.

BASE terintegrasi dengan aplikasi OpenOffice.org yang lain, misalnya
1. menyediakan data buku alamat untuk mail merge pada WRITER menggunakan standar industri protokol LDAP, atau format buku alamat yang umum seperti Microsoft Outlook, Microsoft Windows dan Mozilla;
2. membuat jangkauan data yang terhubung pada dokumen CALC untuk analisa data pilot atau sebagai dasar untuk bagan.

BASE adalah sistem manajemen basis data berbasis desktop yang lengkap, didesain untuk memenuhi kebutuhan yang luas dari pengguna, mulai dari
- Melacak koleksi CD pribadi Anda, hingga
- Menghasilkan laporan penjualan bulanan

         BASE menawarkan panduan untuk membantu pengguna yang baru terhadap desain basis data (atau baru terhadap BASE) untuk membuat Tabel, Query, Form, dan Report, bersama dengan sekumpulan definisi tabel yang sudah didefinisikan untuk melacak Asset, Konsumen, Penjualan, Invoice, dan banyak lagi.
            Ketika Anda hanya memerlukan basis data personal, BASE menawarkan mesin basis data relasional HSQL, dikonfigurasi untuk pengguna tunggal, dengan data tersimpan pada dokumen BASE, beserta dengan dukungan native untuk dokumen dBase.
            Untuk kebutuhan yang lebih besar, BASE mendukung berbagai basis data yang populer secara native: MySQL, Adabas D, Microsoft Access, dan PostgreSQL. Sebagai tambahan, dukungan untuk driver standar JDBC dan ODBC juga mengijinkan Anda untuk terhubung secara virtual pada sembarang basis data yang ada.
BASE terintegrasi dengan aplikasi OpenOffice.org yang lain, misalnya
- Menyediakan data buku alamat untuk mail merge pada WRITER menggunakan standar industri protokol LDAP, atau format buku alamat yang umum seperti Microsoft Outlook, Microsoft Windows dan Mozilla;
- Membuat jangkauan data yang terhubung pada dokumen CALC untuk analisa data pilot atau sebagai dasar untuk bagan.

0 komentar:

Posting Komentar